Kasus Persekusi Batangkuis: Pemuda Batak Bersatu Meminta Tegakkan Keadilan Proses Hukum Harus Berjal

By Admin DPP 29 Jun 2020, 17:56:15 WIB Hukum
Kasus Persekusi Batangkuis: Pemuda Batak Bersatu Meminta Tegakkan Keadilan Proses Hukum Harus Berjal

Gambar : LBH PBB


Pemudabatakbersatu.or.id – Kasus persekusi kembali terjadi. Dalam video yang beredar, kali ini terjadi pada Ibu Lamria Boru Manullang di daerah Kec. Batang Kuis, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, diduga berbau sara dan dilakukan oleh sekelompok orang dan golongan tertentu, Selasa (28/04).

Menyikapi kejadian ini, Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Pemuda Batak Bersatu, Lambok F. Sihombing, S.Pd, langsung menanggapi secara responsif, dan meminta, agar segera ditindaklanjuti ke ranah hukum.

“Tentu dengan kejadian ini, akan menjadi preseden buruk. Mengingat susana sedang di bulan puasa. Namun demikian, dalam kasus ini sudah ada beberapa yang terlibat, baik dalam pendampingan hukum agar segera diproses ke ranah hukum,” katanya di kantor DPP PBB, Rabu (29/04).

Lambok mengingatkan kepada Institusi Polri, jajaran Polisi Daerah Sumatera Utara, Irjen. Pol. Drs. Martuani Sormin Siregar, M.Si, agar segera bergerak dan menyelesaikan kasus ini.

“Selain pendampingan yang dilakukan saat ini oleh beberapa jajaran baik dari DPD PBB Sumut, yang diketuai Martin Siahaan, dan Ketua DPC PBB Kota Medan, Doli Sinaga, untuk mengawal kasus ini, juga dari Organisasi lainnya.

Untuk itu kami meminta kepada penegak hukum agar tidak tebang pilih dalam menangani kasus terutama kasus ini,” katanya.Ia juga menjelaskan, bahwa dalam kejadian ini hanya oknum atau kumpulan orang yang mengaku dari organisasi tertentu yang melakukan tindakan persekusi.

“Dalam unggahan di video itu kan sangat jelas telah terjadi tindakan-tindakan kekerasan, dengan melempar benda, adanya bahasa-bahasa kotor. Dan pada hari ini, Kamis (29/04/2020) sudah dibuat laporan polisi di Polsek Batang Kuis, Deli Serdang. Nah, jadi kami meminta aparat kepolisian dengan segera mengusut kasus ini, menangkap para pelaku. Jangan sampai hal ini menjadi permasalahan yang berbau sara atau permasalahan antar kelompok,” tegasnya.

Kedepan Ketum DPP PBB melalui kejadian ini agar kebenaran ditegakkan seadil-adilnya, dan keadilan menjadi panglima tertinggi.

“Jadi sekali lagi kami meminta kepada Kapolda Sumatera Utara, Bapak Irjen. Pol. Martuani Sormin segera memberi instruksi ke jajarannya yang di Polsek Batang Kuis untuk segera melakukan tindakan secepatnya. Jangan sampai terjadi pergerakan-pergerakan massa,” pungkasnya ke WS.

Selaku pendiri PBB, Lambok juga menghimbau agar semua jajaran tingkat DPD, DPC dan PAC PBB agar tetap menahan diri, dan jangan mau terprovokasi dengan kejadian ini. Bahwasanya Organisasi PBB adalah yang cinta NKRI, yang menjunjung tinggi SOLIDARITAS dan mengedepankan GOTONG-ROYONG dalam SATU RASA, SATU JIWA. (Red)




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment