oleh

Ada Persamaan Dalam Kegiatan Sosial, Ketua Umum DPP PBB Hadiri Acara Syukuran DPD PARBI Jabar

-Berita-89 views

BEKASI | Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Pemuda Batak Bersatu (DPP PBB) Lambok F Sihombing, hadiri acara syukuran terbentuknya Pengurus Dewan Pimpinan Daerah Persatuan Artis Batak Indonesia (DPD-PARBI) Jawa Barat (Jabar) Periode 2021-2024 yang berlangsung di Gedung Graha Lestari, Jatiasih, Kota Bekasi, Kamis (14/7/2022) malam.

Lambok dalam sambutannya sangat mengapresiasi terbentuknya organisasi PARBI di Jawa Barat. Menurut dia, ada kesamaan organisasi PARBI dengan PBB, yaitu dalam kegiatan sosial.

Dia juga menyampaikan agar persatuan dan kesatuan di kalangan orang Batak ditingkatkan, khususnya di bidang profesi seni dan budaya.

“Saya sangat bangga dengan terbentuknya kepengurusan DPD PARBI di Jawa Barat ini. Selamat buat Ketua DPD Dorman Manik, semoga sukses dan maju terus PARBI, Njuah-njuah, Mejuah-juah, Horas, Horas, Horas,” tutup Lambok F Sihombing.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PARBI, Charlie Willy Hutasoit dalam sambutannya, berpesan agar pengurus DPD Jawa Barat yang sudah terbentuk dapat bersinergi menjalankan roda organisasi. Dia mengajak seluruh anggota DPD PARBI Jawa Barat saling membantu dan mendukung program yang sudah disusun pengurus.

Foto; Ketua Umum DPP PARBI, Charlie Willy Hutasoit (kiri), bersama Ketua DPD Jawa Barat, Dorman Manik (tengah), dan Ketua Panitia Pelaksana, Josri Panggabean (kanan)/mpp

Willy Hutasoit mengakui, sejak dia terpilih jadi Ketua Umum DPP PARBI, baru yang pertama kali mendapat sambutan sehangat seperti ini. Sehingga acara syukuran DPD PARBI Jawa Barat ini, katanya, menjadi salah satu momen yang tidak bisa dilupakan.

“Ini momen saya yang pertama mendapat sambutan sehangat ini. Dan ini moment yang tidak bisa saya lupakan,” ujar Willy Hutasoit dalam sambutannya.

Dia mengatakan, sebelum terpilih menjadi Ketua Umum DPP PARBI, dia berjanji akan membentuk 4 DPD di seluruh Indonesia. Dalam waktu beberapa bulan, janji itu telah dipenuhi dengan terbentuknya DPD Jawa Barat dan Sumatera Utara. Bahkan, dalam waktu dekat, DPD Batam juga segera terbentuk.

Dok/mpp

“Jaya PARBIku, Jayalah Budayaku, Jayalah Profesiku,” kata Willy Hutasoit mengakhiri sambutannya.

Ketua DPD PARBI Jawa Barat, Dorman Manik mengatakan syukuran dan konsolidasi ini adalah ide para penasehat DPD PARBI Jabar. Untuk itu, pengurus dalam rapat program kerja menjadikan ide syukuran ini salah satu program kerja dari beberapa program kerja yang telah direncanakan.

Sebagai DPD yang baru terbentuk, kata Dorman, pengurus menghadapi kendala terutama dalam menghimpun anggota yang berdomisili di wilayah Provinsi Jawa Barat. Alasannya, karena sebagian besar anggota PARBI yang berdomisili di wilayah Jawa Barat  telah bergabung secara administrasi di DPP Pusat.

“Hingga saat ini beberapa anggota yang berdomisili di Provinsi Jawa Barat masih enggan bergabung dengan DPD Jawa Barat, sehingga dengan adanya ide melaksanakan syukuran ini maka sekaligus juga moment ini kami lakukan untuk konsolidasi dan penggalangan anggota baru yang sebelumnya belum terdaftar menjadi anggota PARBI,” ujar Dorman.

Dok/mpp

Menurut dia, acara ini sengaja diberi tema, “Syukuran dan Konsolidasi”. Dan, hingga saat ini DPD PARBI Jawa Barat telah berhasil mengadministrasikan anggota sebanyak 63 orang yang domisilinya di Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kota Depok, Bogor dan Bandung.

“Tentunya jumlah keanggotaan ini masih tergolong sedikit apabila dibandingkan dengan luas wilayah Provinsi Jawa Barat,” tandasnya.

Kendala berikutnya, kata Dorman, adalah adanya suatu antipati terhadap organisasi “Pekerja Seni” yang diasumsikan para pelaku seni. Antipati ini tidak hanya di Jawa Barat, tapi mungkin juga terjadi di daerah lain.

“Jadi, dalam kepengurusan ini, kami beserta rekan-rekan BPH DPD PARBI Jabar tentunya berkomitmen untuk menumbuhkan kepercayaan para pelaku seni terlebih dahulu, sehingga mereka akan dengan senang hati masuk menjadi anggota organisasi DPD PARBI Jabar,” katanya.

Dia mengakui, dalam 3 bulan kepengurusan DPD PARBI, hasilnya sangat menggembirakan karena para pelaku seni sangat antusias untuk bergabung dengan DPD PARBI Jabar. Hal itu dapat dilihat dari pergerakan pembayaran kewajiban anggota walau pergerakannya lambat, namun terlihat sangat positif.

“Dari 63 anggota yang ada saat ini, telah menyetorkan kewajibannya Juni hingga Desember 2022 sebanyak 99,9 persen. Tentunya kepercayaan yang diberikan anggota kepada kepengurusan saat ini, perlu kita jaga bersama dan kami akan selalu menerapkan prinsip transparansi anggaran dan organisasi yang berkeadilan,” ucap Dorman.

Dalam kesempatan acara syukuran ini, katanya, panitia juga melakukan usaha-usaha untuk penggalangan dana. Nantinya, dana tersebut akan dipergunakan mengcover bantuan sosial bagi seluruh anggota PARBI dan keluarga yang membutuhkan serta membiayai program kerja yang telah disusun pengurus.

“Besar harapan kami, bapak/ibu yang hadir saat ini dapat mendukung kami untuk mencapai tujuan sebagai organisasi para pelaku seni, terkhusus di Provinsi Jawa Barat,” tutupnya.

Sementara itu, Josri Panggabean selaku Ketua Pelaksana Acara Syukuran DPD PARBI Jawa Barat, mengucapkan terima kasih kepada panitia yang sudah bekerja dengan sepenuh hati agar acara ini dapat terlaksana dengan sebaik-baiknya. 

“Kami menyadari, bahwa kita semua memiliki keterbatasan dalam mempersiapkan dan melaksanakan acara syukuran terbentuknya DPD PARBI malam ini. Untuk itu apabila didapati kekurangan disana sini, baik penyambutan kami maupun dalam detail pelaksanaan acara ini, sudilah kiranya kami dimaafkan,” ujar Josri Panggabean.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada semua tamu dan undangan yang telah bersedia meluangkan waktunya untuk hadir. Secara khusus, Josri menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua sponsorship yang telah mendukung acara syukuran ini.

“Saya selaku ketua panitia mengucapkan terima kasih kepada semua tamu undangan kami yang sudah meluangkan waktu untuk menghadiri acara ini. Demikian juga para sponsor dan donatur yang sudah ikut berpartisipasi serta berkontribusi mendukung terlaksananya acara pada malam ini, secara khusus kepada Ketua DPP PARBI Charly Willy Hutasoit,” kata Josri.

Dia berharap, kepengurusan DPD PARBI Jawa Barat semakin jaya dan menjadi berkat bagi seluruh anggotanya serta bagi banyak orang.

Untuk diketahui, syukuran dan konsolidasi terbentuknya DPD PARBI Jawa Barat ini diawali dengan acara kebaktian bersama seluruh pengurus dan anggota. Pembawa firman adalah Pendeta Yolanda Abigail M Simanungkalit, M.Th.

Usai kebaktian dan kata sambutan, dilanjutkan dengan ramah tamah dan acara hiburan yang dimeriahkan artis-artis anggota DPD PARBI Jawa Barat. Kemudian, tampil juga Victor Hutabarat, Rani Simbolon, Style Voice, dan Komunitas Penulis Lagu (KPL).

(*/Dep MPP)

Komentar