oleh

Aksi Peduli Banjir Keluarga Besar PBB

-Berita, DPD-192 views

Bekasi – Mewakili seluruh jajaran PBB, Lambok F. Sihombing, Ketua Umum PBB turun langsung meninjau lokasi bencana banjir di Desa Wanajaya, Cibitung, Kabupaten Bekasi, Senin (22/02/21). Kehadirannya juga sekaligus menyerahkan bantuan untuk para warga yang terdampak.

Kehadiran dewan pimpinan pusat di tempat ini karena beberapa hari yang lalu wilayah ini dilanda banjir yang parah. “Dan informasi tadi kita dengar dari ketua posko yang kita bentuk posko Pemuda Batak Bersatu di sini untuk membantu masyarakat yang terdampak banjir itu ada tiga meninggal dunia. Artinya ini bukan bencana main-main lagi, bukan hanya banjir biasa. Ini banjir yang sangat luar biasa,” ujar Lambok.

Jadi untuk itu kami dari DPP tergerak ikut membantu masyarakat di sini walaupun di seluruh wilayah yang terdampak banjir yang ada di Indonesia, hampir seluruhnya Pemuda Batak Bersatu kita adakan posko, tambahnya.

“Namun, karena wilayah ini dekat dengan pimpinan pusat dan memang wilayahnya sangat parah banjirnya, maka DPP PBB datang untuk membantu masyarakat di sini untuk memberikan bantuan sembako, berupa beras, mi instan, air mineral, masker, dan ada pakaian baru yang kita berikan kepada masyarakat,” jelas Lambok dengan nada antusias.

“Semoga ini bisa bermanfaat untuk masyarakat untuk menolong, membantu mengurangi beban mereka akibat terdampak banjir. Jadi selama ini seluruh PAC dan DPC yang ada di wilayah masing-masing yang terkena banjir, baik di Jakarta, bahkan kemarin di Banten, juga sudah melakukan aksi sosialnya dengan membuat posko dan berbagi sembako serta membuat dapur umum,” ujarnya menambahkan.

Kami dari pusat, hari ini pasca banjir, kata Lambok, walaupun banjir sudah surut, tetapi masyarakat masih merasakan dampaknya dan masih membutuhkan uluran atau bantuan dari mana pun. Untuk itu kami dari pusat tergerak hati kami Cibitung pertama kami jalanin. Dan selanjutnya setelah ini kami ke Tambun Selatan. Karena disana, banjirnya masih ada, dan masyarakat juga masih ada di pengungsian.

 “Dewan Pimpinan Pusat sifatnya koordinator, koordinasi, jadi kita mengkoordinasi seluruh DPD untuk tanggap terhadap bencana apapun yang terjadi. Jadi tenaga yang kita siapkan adalah sifatnya koordinasi,” tegasnya.

Ditempat yang sama, Ketua DPD Jawa Barat, Erick Sihotang turut menyampaikan rasa keprihatinannya serta rasa terima kasihnya akan kunjungan langsung Ketua Umum PBB ke wilayah bencana.

“Kami dari DPD PBB Jawa barat mengucapkan turut prihatin terkait bencana banjir yang terjadi di beberapa wilayah di kabupaten Bekasi. Hari ini, di wilayah kabupaten Bekasi, ada 13 kecamatan yang terdampak sangat parah di sekitar 28 desa,” ujar Erick.

Pemuda Batak Bersatu DPD Jawa barat juga mengucapkan terima kasih untuk Camat Cibitung yang sangat tanggap membentuk dapur umum untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak banjir.

“Jadi, kami dari dewan pimpinan daerah Jawa Barat berkolaborasi dengan kabupaten Bekasi dan kecamatan Cibitung telah melakukan kegiatan sosial di 3 hari terakhir ini dengan memberikan bantuan sosial dan evakuasi warga yang masih terjebak,” jelasnya.

Kebutuhan yang sangat perlu, tambah Erick, adalah tikar dan makanan cepat saji kemudian makanan bayi seperti susu dan popok. Untuk wilayah Jawa barat, saat ini korban jiwa di kabupaten korban jiwa ada sekitar 8 orang ditambah Minggu lalu ada 4 orang jadi 12 orang yang sudah meninggal akibat bencana banjir ini.

Lalu, Ali Harjono Gultom, Ketua DPC Kabupaten Bekasi, mengutarakan rasa apresiasinya atas aksi cepat tanggap dari jajaran DPP, khususnya kepada Ketua Umum PBB yang turun langsung ke lokasi bencana di Kabupaten Bekasi.

“Kami berterima kasih kepada ketua DPD dan jajarannya, serta jajaran pusat yang datang melihat kondisi di kabupaten Bekasi ini secara khusus,” ungkap Ali.

“Kami bangga mempunyai satu organisasi Pemuda Batak Bersatu, di mana visi dan misinya yang sangat luar biasa yaitu sosial tidak memandang baik itu dari suku ras ataupun agama semuanya tetap di bantu semaksimal mungkin,” ujarnya lagi.

Dan sekali lagi kami juga berterima kasih untuk rekan-rekan juang yang telah bekerja keras dalam beberapa hari ini yang membantu masyarakat khususnya secara khusus di Cibitung yang telah membantu warga. Terima kasih kami dan apresiasi yang sebesar-besarnya untuk semua jajaran yang telah membantu semua disini. Dan kami juga bangga menjadi bagian organisasi di dalam Pemuda Batak Bersatu.

“Kepada rekan-rekan juang, janganlah berputus asa, jangan bosan untuk berbuat sosial. Terima kasih untuk semua jajaran yang sudah menunjukkan kepeduliannya,” kata Ali berbangga.

Menurut pantauan kami dari Pemuda Batak Bersatu di Cibitung, masyarakat yang terdampak banjir itu sangat membutuhkan contoh bagian makanan banyak yang hanyut dan kami bergerak dengan dibantu Pemuda Batak Bersatu membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan pada saat terjadi banjir kami mendirikan tenda atau pendapat umum dari pihak Cibitung kami melayani masyarakat dengan bantuan semampunya. Terima kasih juga buat jajaran yang bekerja dengan sungguh-sungguh bahkan sampai meninggalkan keluarga masing-masing.

“Untung ada Pemuda Batak Bersatu, dengan adanya pemuda Batak bersatu ini secara umum di kecamatan Cibitung ini masyarakat yang terdampak banjir terbantu walaupun tidak secara keseluruhan, yang tentunya, kami mempunyai kemampuan yang terbatas. Apa yang kami bisa lakukan, kami lakukan dengan sungguh-sungguh dan keikhlasan. Harapan kami, kepada pemerintah setempat, kedepannya apabila terjadi lagi bencana alam, apapun itu, pemerintah lebih responsif.

“Dengan hadirnya bapak Ketum kami yang kami hormati dan sayangi, dan begitu juga bersama jajarannya dan begitu juga ketua DPD kami, ini contoh ikon yang harus kita ikuti jejak beliau. Seandainya pun cuman ucapan terima kasih yang bisa kami sampaikan, harapan kami dan doa kami pemuda Batak bersatu yang ada di seluruh dunia ini dengan di bawah naungan bapak Ketum semakin jaya semakin kompak dan semakin bersatu untuk kesatuan,” ungkap Nasib Situmorang, Ketua PAC Cibitung.

Salah satu warga Wanajaya, Sihar Tambun, juga mengungkapkan terimakasihnya atas aksi peduli PBB yang diwakili dengan kehadiran Ketua Umum PBB, Lambok F Sihombing di lokasi bencana.

“Jadi, kami sangat berterima kasih kepada saudara-saudara PBB yang tidak memandang bulu, tidak memandang waktu, untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat, khususnya Perumahan Villa Mutiara, Wanajaya Cibitung. Dengan kehadiran saudara-saudara PBB, kami sangat tertolong. Mungkin tanpa kehadiran dari saudara-saudara PBB, kami mungkin akan mengalami hal-hal yang tidak diinginkan. Harapan kami kedepannya untuk saudara-saudara PBB untuk semakin kuat semakin solid. Apapun resiko yang dihadapi ketika melaksanakan tugas terhadap saudara-saudara kami yang mengalami banjir. Jangan merasa surut. Untuk melakukan terbaik di organisasi PBB yang kami hormati ini,” kata Sihar.

(MPP)

Komentar

MPP PBB News