oleh

Lelah Berbuah Hasil

-Berita, DPP-122 views

BEKASI | Penulis mengutip sebuah surat dari Rasul Paulus yang ditujukan kepada Jemaat di Korintus dengan bunyi : “Lakukanlah Segala Pekerjaanmu dalam Kasih,” [1 Korintus 16:14].

Kutipan pesan yang sangat luar biasa dan penuh makna, namun akan menjadi sangat sulit diimplementasikan sebagai manusia biasa didalam kehidupan sehari-hari.

Akan tetapi kali ini penulis tidak akan masuk terlalu jauh untuk membahas makna dan poin-poin dari ayat kebenaran tersebut, hanya jika penulis mengingat kisah perjalanan selama 4 (empat) hari tanpa ada istirahat yang cukup ‘petikan ayat di atas sangat tepat dengan kisah ini’.

Sebagai undangan dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Pemuda Batak Bersatu (PBB) yaitu Ketua Umum Lambok F Sihombing, S.Pd, didampingi Panglima DPP Frans Sembiring, dan penulis bertolak dari Jakarta, Jumat (05/11/2021) pukul 12:50 WIB menuju Kota Batam dalam rangka menghadiri acara pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Pemuda Batak Bersatu (PBB) Kota Batam oleh Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Pemuda Batak Bersatu (PBB) Prov. Kepulauan Riau yang diselenggarakan di Foodcourt Pacific Batam pada Sabtu (06/11/2021).

Tepat pukul 14:30 waktu setempat kita tiba di Bandara Internasional Hang Nadim Batam dan langsung menuju salah satu tempat penginapan di Kota Batam tentu dengan pendampingan dari Jajaran Pengurus dari tingkat DPD dan Jajaran DPC Kota Batam sebagai tuan rumah dengan jarak tempuh sekitar 1 (satu) jam menggunakan kendaraan.

Tiba di penginapan kurang lebih pukul 15:20 WIB, tampak suasana bahagia, akrab, cengkrama yang terbungkus dalam sebuah harmonisasi kekeluargaan dan tak akan pernah bisa tergantikan di momen tersebut. Kerinduan yang selama ini bisa terobati dengan kehadiran Ketua Umum Pemuda Batak Bersatu, sehingga momen ini tidak terlewatkan oleh rekan-rekan juang yang hadir pada saat itu dan langsung diabadikan di handphone masing-masing.

Kemudian sekitar pukul 18:00 WIB dilanjut dengan makan malam disalah satu rumah makan di bilangan Sekupang, sekaligus bincang-bincang ringan tentang kesiapan dalam acara pelantikan esok harinya. Dalam hal ini Ketum PBB Lambok F Sihombing, S.Pd, selalu memberi wejangan tanpa bosan-bosannya agar memahami tentang Leadership sehingga roda organisasi bisa berjalan sesuai dengan Visi/ Misi yang tertuang dalam AD/ ART dan PO Pemuda Batak Bersatu kedepannya.

Kurang lebih 3 (tiga) jam waktu berlalu kemudian kembali ke penginapan dan dilanjut dengan ngobrol santai di lobby sambil swafoto. Dan kebetulan pada malam itu salah satu dari media online sudah menunggu untuk melakukan wawancara kepada Ketum PBB, terkait kesan pada saat penjemputan di bandara, pesan bagi Keluarga Besar PBB se-Kepri, juga kesiapan dalam acara pelantikan esok harinya. Selengkapnya baca di https://pemudabatakbersatu.or.id/.

Tanpa terasa jarum pendek jam sudah berada di angka 3 (tiga) sehingga Ketum PBB bersama Panglima DPP dan penulis mohon diri ke rekan-rekan juang agar bisa beristirahat sebentar. Namun sesampainya di kamar Ketum PBB Bpk. Lambok F Sihombing, S.Pd, bukannya langsung istirahat tetapi langsung buka laptop pribadinya untuk membuat surat dokumen terkait kegiatan Perguruan Karate Kala Hitam Indonesia mengingat posisi Jabatannya sebagai Sekretaris Jenderal Perguruan Karate Kala Hitam Indonesia sampai pukul 05:00 pagi.

Pukul 07:00 WIB sudah siap-siap untuk hadir dalam acara pelantikan DPC PBB Kota Batam, Ketum PBB Lambok F Sihombing, S.Pd, bersama Panglima DPP Frans Sembiring dan penulis kemudian turun ke lobby untuk sarapan sambil menunggu tiba waktu sesuai dengan arahan protokol pelaksana kegiatan. Tepat pukul 10:51 WIB didampingi pengurus DPD Kepri dan Jajaran berangkat untuk menuju tempat terselenggaranya kegiatan dengan jalan kaki kebetulan jaraknya tidak terlalu jauh.

Baca Juga:

Informasi yang diterima penulis bahwa Kota Batam sudah masuk level 1 (satu) pasca pandemi Covid-19, namun pantauan penulis para tamu undangan mulai Ketua DPRD Prov. Kepri Jumaga Nadeak, Anggota DPD RI Prov. Kepri Richard Pasaribu, dari Kapolresta Barelang diwakili AKP M Hutagaol, Anggota DPRD Kota Batam Mulia Rindu Purba dan Tumbur Sihaloho juga undangan lainnya tetap taat prokes dengan menggunakan masker.

Bagian-bagian acara terlewati dengan penuh hikmat dan berkesan, hingga tiba kebagian khusus yaitu kata sambutan dari Ketua Umum Pemuda Batak Bersatu Lambok F Sihombing, S.Pd,…selengkapnya baca di https://pemudabatakbersatu.or.id/.

Seperti pepatah mengatakan; “Setiap ada pertemuan pasti ada juga perpisahan”. Sehingga Lambok mengatakan kepada Keluarga Besar PBB se-Kepri, “Perpisahan ini hanya sesaat saja dan segera kita akan berjumpa kembali. Jadi kami mohon pamit karena pukul 16:35 WIB harus terbang ke Medan untuk menghadiri acara juga.”

Dengan rasa berat hati rombongan dari DPP harus meninggalkan acara yang masih berlangsung dan langsung diantar Jajaran DPD dan DPC menuju Bandara Hang Nadim Batam. Kemudian sekitar pukul 19:00 WIB tiba di Bandara Internasional Kualanamu karena delay dan juga gangguan pada saat landing akibat cuaca kurang bersahabat.

Sesampainya di pintu kedatangan Bandara Kualanamu ternyata sudah ditunggu oleh Keluarga Besar DPD PBB Sumut dan Jajaran dibawahnya, sehingga tidak menunggu lama kita langsung berangkat menuju ke salah satu penginapan di Kota Medan, [penulis berpikir wahhh… sudah bisa istirahat untuk melepas penat nih…he..heee…]. Sampai di penginapan hanya hitungan menit sambil swafoto langsung berangkat ke lokasi dimana kegiatan acara berlangsung esok harinya, tepatnya di Jl. Sei Brantas No. 42 Medan.

Perjalanan menempuh sekitar 30 menit tiba di lokasi dan Ketum PBB Lambok F Sihombing, S.Pd, langsung bercengkrama dengan para tokoh-tokoh Gereja dan bincang-bincang cair terkait acara esok harinya. Diketahui bahwa adapun acara ini adalah; Pesta Pembangunan, Pesta Gotilon dan Pesta Puncak Tahun Pemberdayaan HKBP Immanuel Ressort Immanuel. Dan pertemuan silaturahmi ini berlangsung sampai sekitar pukul 03:00 pagi (Minggu 07/11/2021) kemudian pulang ke penginapan.

Selanjutnya pukul 08:30 WIB sudah siap berangkat menuju Gereja HKBP Immanuel untuk mengikuti ibadah dan Pesta Pembangunan, Pesta Gotilon dan Pesta Puncak Tahun Pemberdayaan HKBP Immanuel Ressort Immanuel yang dimulai dari pukul 09:30 WIB sampai selesai. Dan kehadiran Ketua Umum PBB Lambok F Sihombing, S.Pd, adalah undangan sebagai salah satu Putra Daerah, dimana dia lahir, dibaptis, dididik akan pengenalan akan Tuhan dan juga pemberkatan akad nikahnya dilakukan di Gereja Immanuel ini. Jadi baginya Gereja ini merupakan bagian dari sejarah hidupnya yang tidak bisa dilupakan,…[selengkapnya baca di https://pemudabatakbersatu.or.id/].

Pantauan penulis acara ini masih berlangsung hingga pukul 15:46 WIB saat kita meninggalkan Gereja, artinya acara Ketum PBB Lambok F Sihombing, S.Pd, sudah selesai. Kemudian dilanjut dengan acara diskusi di internal DPC PBB Kota Medan dengan PAC PBB Medan Johor, didampingi Ketua DPD PBB Prov. Sumut Martin Siahaan, ST, dan Jajaran. Diskusi ini berjalan sampai sekitar pukul 17:03 WIB walaupun agak sedikit alot namun berakhir dengan baik, dan kembali sebagaimana di awal terbentuk yaitu satu irama dan satu pemahaman untuk membesarkan organisasi Pemuda Batak Bersatu sesuai dengan wilayah masing-masing sehingga masyarakat bisa merasakan dampak positifnya serta menjunjung tinggi “Marwah” organisasi.

Baca Juga:

Usai pertemuan yang menggembirakan itu, Ketum PBB Lambok F Sihombing, S.Pd, didampingi Panglima Frans Sembiring tentu penulis juga tidak ketinggalan langsung berangkat menuju DPC PBB Tebing Tinggi sekitar pukul 17:30 WIB bersama Ketua DPD PBB Sumut Martin Siahaan, ST, dengan Jajaran.

Kehadiran Ketum PBB Lambok F Sihombing, S.Pd, Penasehat DPP Poltak Bernard Sihombing, yang bertepatan sedang berada di Medan dalam keperluan lain namun menyempatkan untuk hadir dalam pertemuan ini, adalah untuk melakukan langkah mediasi atas selisih paham yang sudah berlangsung hampir 10 bulan tanpa solusi.

Diskusi pun dimulai dan mendengarkan dari kedua belah pihak. Waktu terus berjalan hingga pukul 01:00 WIB, ucapan rasa syukur pun terucap atas campur tangan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa sehingga terjadi rekonsiliasi di Keluarga Besar Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Pemuda Batak Bersatu (PBB) Tebing Tinggi, dan sepakat untuk bersama dalam mengemban Visi/ Misi serta berjalan sesuai dengan AD/ ART dan PO Pemuda Batak Bersatu kedepannya dan diakhiri dengan penandatanganan surat bersama yang diabadikan dalam bentuk foto dan video. Selanjutnya kembali menuju penginapan karena esoknya (Senin 08/11/2021) pukul 09:30 WIB sudah harus bertolak ke Jakarta dan sore harinya akan bertemu dengan seseorang. Namun sesampainya di penginapan ternyata sudah ada yang menunggu seseorang untuk silaturahmi dan diskusi. Lagi-lagi Ketum PBB harus menerima dengan senang hati hingga pukul 03:30 WIB, kemudian kembali ke penginapan.

Sebagai manusia biasa yang penuh keterbatasan sejak bertolak dari Jakarta menuju Batam, kemudian ke Medan ditambah penyelesaian beberapa miskomunikasi tentu menguras tenaga baik pikiran. Jam istirahat yang minim yang bisa dikatakan tidak ada istirahatnya, namun hal itu harus dilakukan dan dikorbankan oleh Ketua Umum PBB Lambok F Sihombing, S.Pd, karena semuanya dilakukan berdasarkan ‘Kasih‘ bersama Panglima DPP Frans Sembiring yang selalu siap sedia tanpa kenal lelah kemanapun Ketum PBB melangkah. Nama baik Organisasi, bermanfaat bagi bangsa dan negara serta terus melakukan aksi-aksi sosial bagi masyarakat tanpa pandang bulu, itulah yang menjadi cita-citanya dan doa Pengurus di Dewan Pimpinan Pusat pada awal didirikan. Dan sebuah kerinduan besar jika suatu saat Organisasi Pemuda Batak Bersatu ini bisa menjadi sebuah kebanggaan bagi anak cucu di generasi berikutnya.

Akan tetapi, adalah mustahil hal ini bisa terwujud jika berjalan sendiri-sendiri. Solidaritas, toleransi, rukun, dan gotong-royong inilah yang akan menjadi pengikat di seluruh pengurus baik tingkat DPP, DPD, DPC, PAC, dan PAR serta seluruh rekan Juang Keluarga Besar Pemuda Batak Bersatu di seluruh dunia. Satu rasa, satu jiwa adalah falsafah gerak dalam bertindak agar hidup bersama terus terjaga dalam mewujudkan pribadi-pribadi yang selaras, harmonis, dinamis dalam masyarakat yang berdaya, berbudaya, berguna dan berhasil guna.

Dalam hal ini mewakili, penulis mengucapkan rasa hormat dan terima kasih yang tak terhingga atas kesediaan waktu dan pengorbanan para rekan-rekan juang tanpa terkecuali, baik Keluarga Besar DPD PBB Kepri dan Jajaran dibawahnya, Keluarga Besar DPD PBB Sumut dan Jajaran dibawahnya serta support dan doa dari Keluarga Besar Pemuda Batak Bersatu di seluruh dunia, salam satu rasa satu jiwa, kiranya Tuhan menolong dan memberkati kita semua, amin.

Horas,.. Mejuah-juah,.. Njuah-juah,..

(Kadep MPP)

Komentar

MPP PBB News