oleh

Pasien BPJS Tak Dilayani RS Kasih Ibu Saba Gianyar Bali Karena Tak Kasih DP 2 Juta

-Berita-40 views

BALI | Kejadian memilukan terjadi di Gianyar Bali. Abdillah Apol Kurniawan (22), seorang peserta BPJS Kesehatan tidak dilayani di rumah sakit Kasih Ibu Saba Gianyar.

Peristiwa itu terjadi saat korban mengalami kecelakaan pada Selasa 19 Juni 2022 lalu. Ketika tiba di rumah sakit, korban tidak dilayani sebelum ada yang menjaminin.

“Meski punya BPJS dan KTP, korban tidak ditangani dan bahkan diabaikan oleh pihak rumah sakit,” kata Jimmi Saragih, SH, selaku Kabiro Hukum Pemuda Batak Bersatu DPD Bali.

Parahnya lagi meskipun sudah ada yang menjaminin korban, pihak rumah sakit tetap tidak mau menangani pasien kecelakaan tersebut.

dok/mpp

Bahkan, pihak rumah sakit mengatakan sebelum ditangani secara medis, korban dipaksa terlebih dulu harus membayar uang muka (DP) sebesar Rp 2 juta.

“Sungguh miris. RS itu tugasnya menyelamatkan pasien, tapi kok ini malah justru mengabaikan,” ucapnya.

Ia pun sangat menyayangkan pelayanan Rumah sakit yang dianggap merugikan korban sebagai hak warga negara.

“Diperkirakan biaya operasi mencapai Rp 50 jutaan, jadi harus bayar dimuka dulu Rp 2 jutaan padahal pasien memiliki BPJS,” ujarnya.

“Baru kali ini ada RS meminta biaya perobatan meski pasien memiliki BPJS, padahal di depan RS terpampang tulisan, Pelayanan BPJS,” katanya lagi.

“Dengan adanya tulisan tersebut berarti tak mengindahkan hasil penandatanganan perjanjian kerjasama antara pihak BPJS dengan pihak RS,” sambungnya.

Sementara, Direktur RS Kasih Ibu Saba Gianyar dr. Ari Yuliantini didampingi Humas, mengatakan bahwa pihaknya sudah menjalankan sesuai dengan SOP sebagai landasan pegangan.

“Pasien kami terima pada tanggal 19 Juni 2022 pada pukul 05.00 WITA dalam keadaan tak sadarkan diri dilarikan ke RS setelah mengalami kecelakaan di Jalan By Pass Ida Bagus Mantra tepatnya di seputaran Ketewel,” Kata dr. Ari Yuliantini.

(Kabiro MPP Bali/ Siregar)

Komentar