oleh

PBB Jambi Hadiri Undangan HUT Pemuda Pancasila Sekaligus Meriahkan Hari Sumpah Pemuda ke 93

-Berita-219 views

JAMBI | Pemuda Batak Bersatu PBB, DPC Kota Jambi menghadiri undangan dari Majelis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila (MPC PP) Kota Jambi, sekaligus Peringati Hari Sumpah Pemuda, di kantor Pemuda Pancasila Persijam Talang Banjar kota Jambi, Kamis (28/10/2021).

Sekcab DPC PBB Davit Siagian, yang di dampingi ketua PAC PBB Telanaipura Mangasa Nainggolan, beserta jajaran DPC, PAC, Srikandi PBB se-Kota Jambi, mengatakan “Kami atas nama Pemuda Batak Bersatu PBB Prov Jambi mengucapkan selamat ulang tahun MPC Pemuda Pancasila, dan selamat Hari Sumpah Pemuda Nasional, yang pada hari ini tanggal 28 Oktober 2021, adalah hari yang sangat bersejarah untuk kita semua, dan mohon maaf ketidak ikut sertaan ketua kami Parlin Pasaribu, karena beliau sedang di luar kota, dan kedatangan kami sudah seijin beliau,” sebut Davit Siagian.

Sekcab Davit Siagian juga menuturkan, tujuan daripada sumpah pemuda ini adalah, menyatukan pemuda/ pemudi seluruh Nusantara, agar pemuda/ pemudi Indonesia tidak terpecah belah.

Sekcab Siagian juga menceritakan, kongres pemuda/pemudi diadakan dua kali, dan kongres kedua berlangsung dua hari, yaitu tanggal 27-28 Oktober 1928, pada tanggal 27 Oktober di adakan di pondok asrama pelajar/ mahasiswi, yang sekarang sebagai Museum sumpah pemuda, dan pada tanggal 28 Oktober pembacaan Sumpah Pemuda di adakan di Batavia, yang sekarang di sebut Jakarta. Dan di saksikan tokoh-tokoh nasional seperti Wage Rudol Supratman pencipta lagu Indonesia Raya.

Sekcab Siagian menuturkan, bahwa tujuan dari pada Sumpah Pemuda adalah, melahirkan semua perkumpulan pemuda pemudi Indonesia, untuk menguatkan kesadaran kebangsaan serta memperteguh persatuan Indonesia, dengan Satu Bangsa, Satu Tanah Air, Satu Bahasa, yaitu Indonesia.

“Sekali lagi atas nama PBB Prov. Jambi mengucapkan selamat ulang tahun Pemuda Pancasila, dan selamat hari sumpah pemuda yang ke 93. Semoga kita tetap kompak dan Solit sebagai ormas yang menjunjung tinggi keberagaman antar umat beragama serta nilai nilai Pancasila, KEBHINNEKAAN dan UUD 45, untuk bersama sama menjaga keutuhan NKRI yang kita cintai ini,” tandas Sekcab DPC PBB Davit Siagian.

Sementara ketua majelis pimpinan cabang pemuda Pancasila (MPC PP) Taufik mengatakan, terimakasih atas kehadiran ormas PBB di acara ini, semoga apa tujuan daripada seluruh ormas di Nusantara ini, untuk membangun rasa persaudaraan,dalam perbedaan, suku, ras, agama, dan memaknai apa keberagaman.

“Kita semua sama, apabila kita ingat perjuangan pendahulu kita, yang mampu menyatukan seluruh suku di Indonesia ini, bersatu untuk maju, dan tidak melihat sukunya, agamanya, maka cita cita dari pada sumpah pemuda yang kita juga perigati di hari ulang tahun pemuda Pancasila, maka kita dapat sebut generasi penerus daripada sumpah pemuda saat itu,” ujarnya.

Taufik juga mengatakan, Sumpah pemuda memuat banyak nilai Positif, yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari hari, dari nilai patriotisme, gotong royong, musyawarah untuk mupakat, cinta tanah air, kekeluargaan, persatuan dan kesatuan, kerukunan, kerjasama, cinta damai dan tanggung jawab.

“Sumpah Pemuda bisa dijadikan sebagai inspirasi bagi generasi muda Indonesia sekarang, untuk membawa negara ini kearah perubahan yang lebih baik, bukan justru terpecah belah dalam pusaran konflik antar sesama anak bangsa sendiri. Maka mari kita untuk bergandeng tangan, seluruh anak bangsa menjadikan tujuan daripada ormas, bukan siapa hebat, tetapi menyatukan misi visi kita menjaga keutuhan NKRI, dan mampu bermasyarakat yang menghargai keberagaman dan bisa bersinergi dengan aparat dan pemerintah untuk maju bersama dan menghormati hak daripada masyarakat itu sendiri dan sesuai UU yang berlaku,” tutup Taufik ketua MPC PP diahir kata sambutannya.

PBB, Solidaritas, toleransi, rukun dan gotong royong, Satu rasa, satu jiwa.
Horas, Mejuah-juah,Njuah-juah.

(Devisi MPP/ Tokyo Rumapea)

Komentar