oleh

Perpanjangan Tangan dari Pemprov Sumsel, DPD PBB Sumsel Salurkan 5 Ton 380 Kg Beras ke Masyarakat Terdampak Covid-19

-DPD, Sosial-166 views

SUMSEL – Sebagai upaya meringankan beban masyarakat yang terdampak Covid-19, Pemerintah Provinsi Sumsel terus berkomitmen dalam memberikan bantuan sosial beras. Diketahui, saat ini Pemprov Sumsel sudah menyiapkan 1.000 ton beras untuk diberikan kepada masyarakat.

Gubernur Sumatera selatan H. Herman Deru, SH, MM, yang diwakili oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumatera selatan Mirwansyah, SKM, M.KM, mengatakan, dampak pandemi Covid-19 sangat dirasakan masyarakat Indonesia tanpa kecuali khususnya di Palembang. Hal ini berdampak pada kondisi perekonomian yang menurun, kesehatan masyarakat yang terancam serta daya beli masyarakat berkurang, bahkan sebagian masyarakat kehilangan pekerjaanya.

“Oleh karena itu peran serta semua komponen masyarakat baik pemerintah maupun swasta sangat diperlukan agar kondisi menjadi lebih baik,” kata Mirwansyah, SKM, M.KM, saat acara pembagian bantuan beras kepada masyarakat di Sekretariat Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Pemuda Batak Bersatu (PBB) Provinsi Sumatera selatan di Jl. Naskah Lorong Ogam Palembang, pada Rabu (18/08/2021).

Sebagai bentuk perhatian Pemprov Sumsel dalam membantu warganya, sejak beberapa waktu lalu Pemprov telah menyalurkan bantuan sosial beras PPKM tahun 2021 kepada masyarakat Sumsel yang terdampak pandemi.

“Hari ini Pemprov Sumsel melalui anggaran APBD Pemprov akan menyalurkan bantuan sosial beras kepada masyarakat yang belum tersentuh bantuan sosial dari pusat melalui program PKH, program BPNT (kartu sembako), Bantuan Sosial Tunai (BST) dan bantuan lainnya yang disalurkan melalui program pemerintah pusat,” ujar Mirwansyah, SKM, M.KM.

“Saat ini tentu masih banyak masyarakat yang terdampak Covid dan pemberlakuan PPKM yang perlu mendapatkan perhatian.Karenanya kita himbau DPD PBB Sumsel agar bantuan ini harus tepat sasaran,” jelasnya.

Hotniel P Simorangkir, S. Kom, yang di damping Plt. Sekda DPD PBB Provinsi Sumsel Junias PF Tarigan, S. Pi, mengatakan, terima kasih kepada Pemprov Sumatera Selatan yang menyalurkan bantuan sosial melalui Dinas Sosial ke DPD PBB Provinsi Sumsel.

“Bantuan ini akan kita salurkan kepada saudara-saudara kita yang membutuhkannya. Adapun sasaran bantuan tersebut yakni berasal dari beragam kalangan mulai dari penarik becak, pedagang bakso, pedagang ikan, ojek online dan lainnya,” ucapnya.

Hotniel menambahkan, bahwa bantuan tersebut murni dari Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Selatan untuk disalurkan. Dan bantuan ini tidak ada unsur politik seperti informasi yang beredar dengan berbagai ragam tanggapan.

Foto; Penyerahan secara simbolis kepada warga masyarakat yang terdampak Covid-19/mpp

“Issu atau informasi miring terkait bantuan tidaklah demikian. Hal ini tidak ada muatan lain, tapi murni adalah sumbangan dari Pemprov Sumsel Melalui Kadinsos Provinsi. Jadi saya katakan bahwa hal tersebut adalah informasi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Untuk itu mari kita tetap solid dan berjalan sesuai dengan Visi Misi dari Organisasi yang kita cintai dan banggakan ini,” tutupnya.

Ditempat yang sama, Ka. Biro Sosial DPD PBB Provinsi Sumsel Limbong Simanjuntak, mengingatkan kesemua pihak dalam pelaksanaan penyaluran bantuan sosial (bansos-red) bagi masyarakat yang terdampak PPKM level IV harus tepat sasaran, sehingga masyarakat yang menerima benar-benar berhak mendapatkannya.

“Penyaluran Bansos PPKM harus jelas. Data penerima jangan sampai tumpang tindih. Jika ada masyarakat yang belum tersentuh bansos, DPC PBB Palembang dan DPAC PBB Kecamatan harus segera beri laporan ke DPD PBB Sumsel. Pemprov Sumsel juga akan terus membantu dalam pelaksanaannya dilapangan,” ungkapnya.

Selain mengingatkan pendistribusian bansos tepat sasaran, Limbong juga menghimbau agar seluruh warga masyarakat tetap disiplin dan mematuhi protokol kesehatan (prokes-red), sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 terlebih disaat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

“PPKM diperpanjang tidak lain tujuannya untuk mememutus mata rantai penyebaran Covid-19. Kita harapkan masyarakat tetap patuhi prokes selama PPKM ini,” harapnya.

(Kabiro MPP Sumsel/ Jun)

Komentar

MPP PBB News