oleh

Sedikit Mengulas Tentang Tupoksi Media Pers dan Publikasi di Pemuda Batak Bersatu

BEKASI | Sedikit mengulas tentang Tupoksi Media Pers dan Publikasi di Pemuda Batak Bersatu

MEDIA

Pengertian Media Adalah Secara etimologis kata “media” berasal dari bahasa Latin, yaitu “medius” yang artinya tengah, perantara, atau pengantar. Dalam bahasa Indonesia kata medium mengandung arti antara (menyatakan posisi) atau sedang (menyatakan ukuran).

Istilah “media” pada umumnya merujuk pada sesuatu yang dijadikan sebagai wadah, alat, atau sarana untuk melakukan komunikasi.

Jadi secara umum, pengertian media adalah suatu alat perantara atau pengantar yang berfungsi untuk menyalurkan pesan atau informasi dari suatu sumber kepada penerima pesan.

Pendapat lain mengatakan arti media adalah segala bentuk saluran yang dapat digunakan untuk menyampaikan informasi atau pesan. Dengan kata lain, media dapat didefinisikan sebagai sarana untuk menyampaikan suatu pesan.

PERS

Istilah pers merupakan terjemahan dari bahasa Inggris, press. Di Indonesia, pengertian pers identik dengan media massa dan lebih banyak dikaitkan dengan jurnalistik dan wartawan.

Undang-Undang tentang media massa pun dinamakan UU Pers. Nama lengkapnya: Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers.

UU Pers adalah undang-undang yang mengatur tentang prinsip, ketentuan, dan hak-hak penyelenggara media massa di Indonesia. UU ini disahkan 23 September 1999 oleh Presiden BJ Habibie.

Pengertian Pers secara Bahasa Secara bahasa, pers memiliki banyak arti, mulai percetakan hingga media massa. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mengartikan pers sebagai berikut:

  1. Usaha percetakan dan penerbitan,
  2. Usaha pengumpulan dan penyiaran berita,
  3. Penyiaran berita melalui surat kabar, majalah, dan radio,
  4. Orang yang bergerak dalam penyiaran berita medium penyiaran berita, seperti surat kabar, majalah, radio, televisi, dan film.

Dalam kamus Merriam Webster juga disebutkan, salah satu pengertian pers terkait dengan “pencetakan” (printing pers) yang artinya:

  • Tindakan atau proses pencetakan (the act or the process of printing)
  • Perusahaan percetakan atau penerbitan (a printing or publishing establishment),
  • Pengumpulan dan penerbitan atau penyiaran berita (jurnalisme) (the gathering and publishing or broadcasting of news (journalism),
  • Surat kabar, majalah, dan seringkali siaran berita radio dan televisi (newspapers, periodicals, and often radio and television news broadcasting),
  • Reporter berita, penerbit, dan penyiar (news reporters, publishers, and broadcasters),
  • Komentar atau pemberitahuan di surat kabar dan majalah mendapatkan pers yang bagus (comment or notice in newspapers and periodicals is getting a good press).

PUBLIKASI

Memublikasikan adalah membuat konten yang diperuntukkan bagi publik atau umum. Sementara penggunaan yang lebih spesifik dapat bervariasi di masing-masing negara, biasanya diterapkan untuk teks, gambar, atau konten audio visual lainnya di media apapun, termasuk kertas (seperti surat kabar, majalah, katalog, dll) atau bentuk penerbitan elektronik seperti situs, buku elektronik, CD, dan MP3. Kata publikasi berarti tindakan penerbitan, dan juga mengacu pada setiap salinan.

Jadi dengan hadirnya sebuah “bagan” Media Pers dan Publikasi di tubuh Organisasi Pemuda Batak Bersatu sudah sangat jelas tupoksinya menurut paparan singkat di atas, bahwa dia memiliki peran dan tugas yang selalu melekat kepada bagan-bagan lain melalui peran Pers kemudian masuk ke Media dan terakhir adalah Publikasi dengan sarana yang sudah kita miliki yaitu website resmi pemudabatakbersatu.or.id, youtube tvchannelpbb, youtube pemudabatakbersatuofficial. Caranya dengan mengirimkan file dokumen kegiatan baik dalam bentuk foto, video tentu dengan standar layak untuk dipublikasikan ke email (selengkapnya klik di pemudabatakbersatu or.id).

Nah, tentu pasti ada pertanyaannya; Apakah harus selalu media website, youtube dan beberapa link sosial media seperti IG, FB maupun Twitter resmi PBB jika ada kegiatan PBB, bagaimana jika dilibatkan media yang diluar PBB agar kegiatan tersebut semakin cepat tersebar luas atau virall?

Jawabnya :

Tentu sangat boleh, dan kita sangat berharap demikian. Agar setiap kegiatan bukan saja hanya media resmi yang dimiliki PBB tapi juga dengan melibatkan media-media lainnya, dan itu diserahkan kepada panitia penyelenggara kegiatan agar berkoordinasi dengan baik.

Semoga penjelasan singkat yang jauh dari sempurna ini semoga bermanfaat kepada semua Jajaran Media Pers dan Publikasi Pemuda Batak Bersatu di seluruh dunia. Mari bekerja sesuai dengan tupoksi tanpa mencampuri yang bukan tupoksi kita, sehingga berjalan sesuai dengan aturannya. Cari, gali dan sampaikanlah informasi yang sehat dan positif sehingga tulisan kita menjadi sebuah torehan yang menyejukkan jiwa secara khusus Organisasi yang kita cintai dan banggakan ini.

Akhir kata, saya mengutip sebuah kalimat bijak dari buku best seller Rick Warren dengan judul “The Purpose Driven Life” bunyinya ; Kehidupan ini adalah persiapan untuk menghadapi kehidupan berikutnya.

(note; berbagai sumber)

G. Ridwan Rajagukguk

Kadep Media Pers dan Publikasi Pemuda Batak Bersatu

Komentar