Sejarah Berdirinya Pemuda Batak Bersatu

oleh

Tahun 2018 tepatnya di bulan Maret beberapa rekan-rekan sesama Bangso Batak anak rantau mengadakan pertemuan silahturahmi dan membahas tentang banyaknya permasalahan-permasalahan yang saat ini dialami saudara-saudara kita Bangso batak khususnya anak-anak rantau di bekasi, untuk itu tergeraklah hati, untuk bisa ikut berpartisipasi dalam membantu bangso batak yang ada di bekasi , pada awalnya kami dan beberapa rekan-rekan membentuk sebuah perkumpulan yang kami namai “SAPARSITAONAN” yang berarti “Satu Penderitaan”.

Seiring berjalannya waktu dan banyak kegiatan sosial yang kita lakukan khususnya disesama anggota maupun diluar baik duka maupun suka. Melihat banyaknya animo dan tanggapan postif dari masyarakat Bangso-Bangso batak di Bekasi sekitarnya maka kita mengadakan pertemuan di Ruko Kalimas Blok B No. 26 tepatnya pada tanggal 10 Agustus 2018. Dimana saat itu kita mengundang beberapa tokoh muda Bangso batak dan akhirnya menyepakati Organisasi ini kita kembangkan dan berubah nama menjadi “Paguyuban Batak Bersatu”.

Banyak kegiatan yang dilakukan oleh Paguyuban batak bersatu salah satunya kepedulian Paguyuban Batak Bersatu terhadap Danau Toba dimana pada tanggal 7 September 2019 Kita langsung bertemu dengan Gubernur Sumatera Utara Bapak Edy Rahmayadi untuk menyatakan sikap menolak dan menantang adanya wacana “DANAU TOBA SYARIAH” dan hasil pertemuan tersebut Gubernur Sumatera Utara menyampaikan hal itu tidak mungkin dan mangatakan tidak ada niatan sedikitpun untuk menjadikan Danau Toba menjadi Wisata Halal seperti yang berkembang pada saat itu.

Tetapi Kami dari Paguyuban Batak Bersatu dengan tegas menentang dan menolak Wacana itu karena akan menyakiti persaaan banyak Bangso Batak yang ada disekitaran Danau Toba. Banyaknya dukungan Masyarakat Batak terutama di daerah Bekasi dan beberapa daerah lain seperti Cikarang, Depok, Tangerang, Purwakarta, Sukabumi, Serdang Bedagai, Pematang Siantar akhirnya mendorong Pengurus Paguyuban Batak Bersatu untuk melegalitaskan Perkumpulan ini.

Tepatnya pada tanggal 08 Oktober 2019 disahkanlah Akte Pendirian ini dengan nama “PEMUDA BATAK BERSATU”. Beberapa alasan mengapa berubah nama menjadi Pemuda Batak Bersatu adalah adanya niatan dari seluruh Pendiri, Pengurus dan Anggota bahwa perkumpulan ini bisa berkembang diseluruh tanah air yang mempunyai harapan adanya persatuan Pemuda Batak di Indonesia berskala Nasional. Sampai dengan saat ini Pemuda Batak Bersatu telah mengembangkan dibeberapa provinsi, Kota/Kabupaten, Kecematan dan Kelurahan/Desa yang ada di Indonesia.

Demikianlah Sejarah singkat mengenai Perkumpulan Pemuda Batak Bersatu ini dan dengan harapan dan dukungan dari seluruh pihak terutama Bangso Batak yang ada di Indonesia bahkan diluar negeri bisa berkembang dan menjadi Organisasi yang baik buat Bangso Batak.
Horas, Mejuah-juah…..