oleh

Semarak HUT Kemerdekaan RI, Ratusan Pemuda Kibarkan Merah Putih 77 Meter di Danau Love

-Berita, DPD-77 views

Jayapura – Semarak HUT Kemerdekaan RI ke -77, Dewan Pimpinan Saerah (DPD) Pemuda Batak Bersatu (PBB) Provinsi Papua bersama Komunitas Pemuda Nusantara dan TNI/Polri membentangkan 77 meter bendera merah putih di Danau Love, Kabupaten Jayapura pada Minggu (14/8/2022).

Selain membentangkan 77 meter bendera merah putih, PBB yang diikuti komunitas pemuda nusantara ini juga mengibarkan 77 buah bendera merah putih mengililingi Danau Love.

Ketua DPD Pemuda Batak Bersatu Provinsi Papua, Ir. Tulus Sianipar, MM berharap melalui momentum HUT Kemerdekaan RI ke 77 nasionalisme masyarakat di Papua semakin tumbuh dan menyadari arti kemerdekaan yang sesungguhnya, bahwa Papua adalah bagian yang tidak terpisahkan dari NKRI sebagaimana cita-cita proklamasi 17 Agustus 1945.

“Ini salah satu perwujudan visi dan misi Pemuda Batak Bersatu yakni menjaga dan menjungjung tinggi nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sebagai ideologi kehidupan berbangsa dan bernegara untuk diri sendiri maupun orang lain,” jelas Tulus.

Memilih tempat di Danau Love (Emfote) yang menjadi salah satu objek wisata memukau di Jayapura, Provinsi Papua. Danau ini bagai telaga cinta yang menyuguhkan pemandangan indah yang dikelilingi savana.

“Dipilihnya Danau Love sebagai lokasi pengibaran Bendera Merah Putih, dengan maksud sekiranya dengan rasa cinta dan kasih kita bisa merawat bersama nilai Kebhinekaan dari Sabang sampai Merauke,” jelas Sekretaris DPD Pemuda Batak Bersatu Provinsi Papua, Naek Sahala Mangaraja, SE, MM.

Lingkungan sekitarnya masih terjaga, membuat suasana lebih sejuk, walaupun tidak satu pohon tinggi yang tumbuh di sekitar danau, tetapi karena terpaan angin yang sepoi-sepoi.

“Aksi touring dan pengibaran bendera merah putih di Danau Love ini dimaksudkan untuk membangkitkan rasa nasionalisme masyarakat cinta NKRI. Momentum HUT Kemerdekaan RI ke -77 Papua harus bangkit dari keterbelakangan dan mewujudkan arti kemerdekaan dengan pembangunan,” ujarnya.

Aksi Touring Merah Putih Pemuda Batak Bersatu For Papua diawali dari Waena Distrik Heram dilanjutkan mengelilingi Kota Jayapura dan berakhir di Danau Love diikuti ratusan massa pemuda dari berbagai suku di nusantara yang berdomisili di Kabupaten Jayapura, Kabupaten Keerom dan Kota Jayapura dan melibatkan TNI/Polri.

Disela-sela aksi touring dan pengibaran merah putih itu, Panitia juga menyerahkan bantuan sembako kepada masyarakat sekitar Danau Love.

“Selain pengibaran bendera merah putih, kita juga menyerahkan bantuan berupa sembako kepada warga sekitar Danau Love dan juga turut dihadiri oleh Ondoafi kampung setempat,” tambah Bendahara DPD PBB Provinsi Papua, Saroha Hutasoit, ST.

Dia berharap melalui penyerahan bantuan ini, masyarakat sekitar Danau Love dapat merasakan kebahagiaan pada HUT Kemerdekaan RI ke 77 tahun 2022. (wilpret siagian

Komentar